Minggu, 29 September 2019

Bingung Pilih Rumah Atau Apartemen? Ini Dia Keuntungan Dan Kerugian Membeli Rumah Dibandingkan Membeli Apartemen!


Pilih Rumah Atau Apartemen – Memiliki hunian atau tempat tinggal merupakan impian bagi banyak orang. Harganya yang relatif mahal membuat banyak orang susah mewujudkan tempat tinggal impian mereka. Maka beragam cara ditempuh agar bisa memiliki tempat tinggal, bisa dengan menabung maupun dengan mengajukan kredit agar pembayarannya semakin ringan.
Ketika keuangan sudah memungkinkan untuk memiliki hunian, akan muncul pertanyaan (terutama masyarakat daerah perkotaan), lebih baik memilih tempat tinggal berupa rumah ataukah membeli apartemen saja? Tentu, dua hunian tersebut, yaitu: rumah maupun apartemen memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing.

Untuk memudahkan Anda memilih hunian yang pas buat Anda, berikut adalah beberapa kelebihan maupun kekurangan membeli rumah maupun apartemen:
1.  Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Rumah:
a.    Kelebihan Membeli Rumah Dibandingkan Apartemen:
1.    Kekebasan Berekspresi:
Ya, keuntungan pertama membeli rumah dibandingkan Apartemen adalah kekebasan kita dalam berekspresi, baik dari segi arsitektur maupun desain bangunan. Ini tentu saja membuat kita bisa berinovasi atau mendesain rumah kita sesuai dengan keinginan kita sendiri kapanpun kita mau.
2.    Lahan Terbuka Lebih Luas:
Rata-rata perumahan atau rumah yang kita beli memiliki lahan terbuka lebih luas dari pada apartemen.
3.    Sertifikat:
Poin ketiga ini merupakan kelebihan yang sangat ‘makyus’ dibandingkan apartemen. Dimana dengan membeli rumah kita akan memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM), bandingkan dengan kepemilikan apartemen yang hanya memiliki Sertifikat Hak Guna Bagunan (SHGB).
4.    Investasi Menjanjikan:
Dibandingkan dengan apartemen, kepemilikan rumah lebih memberikan keuntungan investasi jangka panjang yang menjanjikan. Dimana seperti kita ketahui, harga tanah maupun rumah tiap tahun meningkat.
5.    Sosialisai:
Bukan rahasia lagi kalau tinggal dihunian berupa rumah, tingkat sosialisasinya lebih tinggi dibandingkan dengan apartemen. Hal ini tentu saja bisa menjadi kelebihan, karena dengan ini kita bisa memiliki teman atau keluarga baru di tempat kita tinggal.
6.    Parkir Kendaraan:
Tidak perlu repot-repot mencari parkiran. Kalau lahan luas kita bisa membuat garasi, kalaupun lahan sempit kita bisa memasukkan kendaraan kita tepat di halaman rumah kita.
7.    Lingkungan:
Pada umumnya tinggal di rumah cenderung lebih tenteram, jauh dari keramaian perkotaan dan tentu saja kita bisa terhindar dari polusi perkotaan.
b.    Kekurangan Membeli Rumah Dibandingkan Apartemen:
1.     Akses Transfortasi:
Biasanya hunian di perumahan akses transfortasi kurang begitu baik dibandingkan dengan apartemen yang memang biasanya dibagun di lokasi yang strategis.
Untuk mensiasati masalah ini tentu saja kepekaan kita dalam memilih rumah saat membelinya. Untuk itu perhatikan lokasi bagunan rumah, apakah lalu lintas dan sarana angkutan umum tersedia.
2.     Keamanan:
Pada umumnya hunian berupa rumah sistem keamanannya kurang baik. Dimana umumnya, ketika kita tinggal di rumah, kita pribadilah yang harus berusaha ‘mengamankan’ rumah kita. Bisa dengan membangun pagar yang tinggi, memasang teralis rumah, memasang CCTV, bahkan bisa dengan membayar petugas security untuk menjamin keamanan rumah kita.
3.     Jarak Tempuh:
Seperti disebutkan di atas, lokasi hunian rumah biasanya tidak terlalu strategis. Sehingga tentu saja jarak tempuh kita menuju pusat kegiatan, seperti kantor, sekolah, rumah sakit akan jauh.
Untuk mensiasatinya sama seperti poin 1, tapi kalau kita mencari lokasi rumah yang strategis biasanya memerlukan uang yang menguras kantong.
4.     Fasilitas:
Kelemahan memilih rumah dibandingkan apartemen selanjutnya adalah minimnya fasilitas. Untuk menikmati pusat kebugaran tentu saja kita mesti ke pusat kebugaran, untuk menikmati taman bermain maupun pusat perbelanjaan kita mesti menuju ke sana yang jaraknya biasanya lumayan jauh.
5.     Susah Di Jual:
Walaupun memiliki nilai investasi lebih baik dari pada apartemen, tapi rumah cenderung lebih susah dijual. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya harga relatif mahal, dan karena desain rumah.


2.  Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Apartemen:
a.    Kelebihan Membeli Apartemen Dibandingkan Rumah:
1.    Lokasi Strategis:
Bukan rahasia lagi jika pada umumnya apartemen dibangun di lokasi yang strategis. Konsep hunian apartemen adalah mengatasi keterbatasan rumah tinggal di pusat kota, sehingga akses dan akomodasi ke pusat bisnis bisa lebih mudah.
2.    Fasilitas Lengkap:
Di Apartemen fasilitas lengkap dan eksklusif. Di apartemen biasanya disediakan kolam renang, pusat kebugaran, pusat perbelanjaan, maupun taman bermain.
3.    Aman:
Berbeda dengan rumah, di apartemen tingkat keamanannya sangat tinggi. Dimana tingkat keamanan terjamin karena sudah ada petugas khusus yang mengawasi.
4.    Akses Mudah:
Karena lokasinya yang strategis tentu saja memudahkan penggunanya menuju pusat kegiatan, seperti: rumah sakit, pusat perbelanjaan, kantor, maupun sekolah anak.
5.    Mudah Di Jual:
Berbeda dengan rumah, apartemen relatif lebih mudah dijual. Salah satu alasannya adalah karena apartemen sifatnya hunian bersama dengan lokasi yang baik dan pembeli biasanya jarang mempermasalahkan desain apartemen dibandingkan dengan desain rumah.
b.    Kekurangan Membeli Apartemen Dibandingkan Rumah:
1.    Harga Mahal:
Harga properti dan biaya perawatan jika kita membeli apartemen mahal dibandingkan dengan kalau kita memilih rumah.
2.    Investasi:
Walaupun mudah dijual, tapi dari segi investasi jangka panjang tentu rumah juaranya dibandingkan apartemen.
3.    Sertifikat:
Seperti disinggung di atas, apartemen hanya memiliki Serifikat Hak Guna Bagunan (SHGB).
4.    Renovasi Ruangan:
Ya, di apartemen dalam merenovasi ruangan sangatlah terbatas dibandingkan dengan merenovasi rumah.
5.    Sosialisasi:
Bukan rahasia lagi kalau sosialisasi dengan tengga sangat minim, bahkan cenderung individualis. Maka jangan heran, jika sesama penghuni di apartemen banyak yang tidak mengenal antara satu dengan yang lain.
Demikianlah ulasan kami tentang keuntungan dan kerugiaan kepemilikan rumah dibandingkan apartemen, begitu juga keuntungan dan kerugiaan kepemilikan apartemen dibandingkan rumah. Semoga saja artikel ini bisa menjadi masukan positif bagi kita semua. Baca Juga: Cara Mudah Dan Terpercaya Bisnis Properti: Pedoman Membeli Rumah Atau Apartemen, Cara Terbaik Menaksir Harga Rumah Atau Apartemen, Dan Hal-Hal Yang Menambah Nilai Jual Rumah Atau Apartemen